HUBUNGAN TERAPI BERMAIN TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN MOTORIK HALUS ANAK (USIA 3-4 TAHUN) DI TK. AISYIYAH BUSTANUL ALFHAL PALEMBANG
HUBUNGAN TERAPI BERMAIN TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN MOTORIK HALUS ANAK (USIA 3-4 TAHUN) DI TK. AISYIYAH BUSTANUL ALFHAL PALEMBANG
Abstract
ABSTRAK
Terapi bermain merupakan usaha mengubah tingkah laku bermasalah, dengan menempatkan
anak dalam situasi bermain. Aspek perkembangan anak dapat ditumbuhkan secara optimal dan
maksimal melalui kegiatan bermain karena dunia anak adalah dunia bermain diantaranya
motorik kasar dan motorik halus. Tujuan penelitian ini diketahuinya hubungan terapi bermain
terhadap kemampuan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak di TK.Aisyah
Bustanul Atfhal 6 Palembang tahun 2016. Penelitian ini menggunakan analisa survey analitik
dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak didik TK aisyah
bustanul atfhal 6 palembang tahun 2016 usia 3-4 tahun. Adapun sampel yang diambil dalam
penelitian ini yaitu 18 responden denga teknik total sampling, penelitian ini dilakukan pada
bulan Mei hasil analisis bivariat didapatkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara
hubungan terapi bermain terhadap kemampuan perkembangan motorik kasar dan motorik halus
anak di TK.Aisyah Bustanul Atfhal 6 Palembang dengan nilai P value = 0,000. Diharapkan bagi
guru – guru TK untuk lebih meningkatkan permainan anak usia prasekolah sekaligus dalam
proses belajar mengajar anak agar kemampuan motorik anak tercapai optimal.
Kata Kunci : Terapi bermain, perkembangan motorik kasar, dan motorik halus
ABSTRACT
Play therapy is the effort to change problem in antitude, with that include a children in play
situation. The child’s develop aspect can be develop optimaly and maximaly by play therapy as
way, because child’s word is play word such as hard motoric and soft motoric. This study aims
to know the play therapy of corellation toward a development of motoric ability and soft motoric
ability in Kindergarten of Aisyah Bustanul Atfhal 6 Palembang 2016. This research use analytic
surve analysis with cross sectional design, population is all of students in Kindergarten of
Aisyah Bustanul Atfhal 6 Palembang aged 3-4 years old with 18 responden as total sampling.
This research was researched by on may. The bivariate analysis show that there are a
significant corelation between play therapy to word rude motoric ability of development and soft
motoric ability of development on Bustanul Aisyah Nursery school 6 Palembang 2016 with P
value = 0, kindergarten in study and teach for optimality of motoric development.
Keyword : Play therapy, rude motoric of development and soft motoric.